TIPS MEMELIHARA AYAM BANGKOK ADUAN

by Jack Fals on 02:46 PM, 05-Dec-11

Category: TIPS & TRIK

Siang smua....! Kali ini saya mau posting tips memelihara ayam bangkok aduan,wlwpn sya sndri kurang hobi utk memelihara ayam aduan,tpi ga ada salahnya saya berbagi tips n trik ini,krna kbtln temen2 sya bnyk yg memelihara ayam aduan,n tips ini pn dpt sya googling di internet...Ok lngsng az k TKP...!

ayam-bangkok-gombong.jpg

Jamu atau obat tradisional untuk ayam sangat beragam tergantung kasus penyakit ataupun penjaga kesehatan tubuh ayam.Ada banyak jenis jamu yang dapat dipilih dengan bahan yang mudah diperoleh disekitar kita.Pengolahannya tidak sulit penggunaannya untukberagam jenis ayam seperti ayam konsumsi (pedaging dan petelor),ayam aduan dan ayam hias.

Berikut tips tipsnya:

1.Meningkatkan stamina Stamina ayam perlu ditingkatkan agar ayam dapat terhindar dari penyakit.Sebelum diadu,biasanya stamina ayam aduan harus dijaga,bahkan ditingkatkan.Adapun jamu untukmeningkatkan stamina ayam aduan adalah Larutan gula merah dicampur asam jawa secukupnya.Jamu ini diminumkan sebelum ayam diadu.Untuk ayam konsumsi,sebaiknya jamu ini diberikan bila cuaca disekitar kandang memburuk atau hujan.

2.Memulihkan stamina ayam aduan Ayam yang baru selesai disdu biasanya staminanya menurun drastis.Bila tidak segera diatasi,ayam dapat terserang penyakit. Adapun jamu untuk memulihkan stamina adalah Madu secukupnya dicampur kuning telor itik 1 butir.Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.

3.Meningkatkan gairah kawin pada ayam jantan Agar secara teratur dapat mengawini betina sebagai pemacek,ayam jantan harus membutuhkan perawatan intensif.Selain diberi cukup pakan,juga perlu diberi obat penyehat tubuh dan penambah gairah kejantanan.Beberapa jamu yang dapat diberikan sebagai berikut.
a.Bawang putih 2 siung dilumatkan dan dicampur nasi hangat 1 sendok makan.Jamu inidilolohkan untuk satu ekor pejantan dan pemberiannya setiap 4 hari sekali.
b.Jahe segar 2 potong sebesar ibu jari diparut dan diperas airnya.Air jahe ini dicampur sebutir kuning telor itik dan diberikan setiap Minggu sekali untuk seekor pejantan.
c.Tepung beras 2 cangkir dicampur kencur parut 1 cangkir,lalu dibentuk menjadi butiran pil sebesar jagung.Selanjutnya pil ini dijemur sampai kering.Pemberiannya sebanyak 5 pil/minggu untuk setiap ekor ayam pejantan.
d.Lada 100 g disangrai sampai kering,lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk halus.Bubuk lada ini dicampur kencur parut 0,5 kg,kuning telor itik 5 butir dan madu 1 sendok makan hingga terbentuk adonan kental.Adonan dibentuk butiran sebesar jari kelingking dan dijemur sampai kering.Sebanyak2 butiran jamu diberikan sehari sebelum ayam digunakan sebagai pejantan.
e.Jahe segar 1 ruas jari diparut dan airnya diperas.Air jahe dicampur bubur nasi 1 sendok makan dan disuapkan keseekor ayam pejantan.Pemberiannya seminggu sekali.
f.Jahe segar 1 ruas jari diparut dan airnya diperas.Air jahe dicampur kuning telor itik 1 butir dan disuapkan untuk seekor ayam pejantan.Pemberiannya sekali seminggu.

4.Meningkatkan kualitas telor Telor berkualitas dapat dilihat dari warna kuning telornya kuning cerah atau kemerahan.Agar kuning telor menjadi kemerahan,ayam yang sedang aktif bertelor dapat diberikan azolla sebagai tambahan bahan pakan.Perbandingan pakan dan azolla 4 : 1.Azolla merupakan sejenis tanaman paku air yang mengandung asam amino esensial.Asam amino esensial inisangat dibutuhkan oleh tubuh ayam.

5. Meningkatkan nafsu makan Ayam kurang sehat akan turun nafsu makannya.Untuk meningkatkan nafsu makan,ayam tersebut dapat diberikan salah satu dari beberapa ramuan berikut.
a.Bawang putih 3-4 iris dicampur dalam pakan.Ramuan ini diberikan untuk 10 ekor ayamdewasa setiap pagi.
b.Bubuk jahe 10 g dicampur dalam pakan dan diberikan setiap pagi.Dosis ramuan ini untuk 10 ekor ayam dewasa.
c.Jahe segar 2 ibu jari diparut dan diperas.Air perasannya dicampur kuning telor itik 1 butir.Dosis ramuan ini untuk seekor ayam dewasa dan diberikan setiap Minggu,Selain meningkatkan nafsu makan,pemberian pada Pejantan dan meningkatkan nafsu kawain.

ayam-bangkok.jpg

6. Untuk menghilangkan jamur yang berwarna putih dijengger atau pada kepala ayam setelah diadu.Ambil minyak jelatah (minyak yang dipakai berulang kali untuk menggoreng)secukupnya tambah sedikit garam dapur lalu oleskan pada bagian kepala yang putih karena jamur.lakukan pengolesan 2 x sehari pagi dan sore hari.

7. Untuk memerahkan jengger ayam biar kelihatan lebih merah,ambil daun kacang pagarsecukupnya peras airnya lalu oleskan ke jenggar ayam.

8. Untuk mencegah jengger ayam setelah diadu supaya tidakditumbuhi jamur yang berwarnaputih.Ambil daun pariyo(buahnya pahit) lalu giling dan peras airnya kemudianoleskan pada jengger ayam yangluka setelah bertarung luka juga cepat kering.

9. Mengeringkan sisik kaki ayam.Ambil tepung sadah(sadahuntuk makan sirih) tambah sedikit air lalu oleskan pada sisik ayam setiap hari sampai sisik ayam menjadi kering.Bisa juga dibantu dengan tablet calk(tablet calsium untuk membantu pertumbuhan pada anak-nak).

10. Mempercepat tumbuh bulu,baik untuk masa mabung dan untuk bulu yang tumbuh nyisip.Berikanlah pada ayam vitamin A yang berupa minyak ikan hiu ditambah vitamin B komplek.Obat bisa dibeli diapotik.

11. Untuk mengatasi jalu ayam supaya tidak terlalu panjang.Biasanya orang akan memotong jalu ayam jika telah berumur atau jalu terlalu panjang,nah kita bisa mengakalinya supaya jalu tidak terlalu panjang,atau menghambat pertumbuhan jalu sesuai yang kita inginkan.Ambil buah kentang yang sebesar jempol tangan lalu olesi dengan minyak goreng kemudian dibakar(atur jaraknya dengan api) setelah panas kentang ditusukkan pada jalu ayam.Lakukan beberapakali selama tiga hari atau sampai darah didalam jalu membeku maka jalu ayam akan berhenti pertumbuhannya,ayam akan selalu kelihatan muda.

12. Untuk menjaga kondisi ayam tetap fit berikanlah ayam multi vitamin seminggu sekali.Jemur ayam 2 jam sehari mulai jam 9 sampai jam 11 siang jangan diberi air minum kemudian teduhkan dibawah pohon selama 15 menit baru ayam diberikan air minum.

13. Mengatasi ayam ngorok.Bersihkan tenggorokkan ayam dengan bulu yang lembut kemudian berimakan campuran nasi dengan pur(pellet yang dijual) yang telah dibasahi dan dibantu dengan pemberian multivitamin.Jauhkan dari sinar Matahari langsung.

14. Mengatasi ayam lumpuh atau ayam yang susah berjalan karena habis berkelahi atau lumpuh karena dikurung terlalu lama.Ambil batang serai olesi dengan minyak goreng lalu panaskan setelah itu urutkan pada kaki ayam yang sakit.Setelah selesai tunggu kira-kira 2 jam kemudian ayam direnangkan seletih letihnya,lalu ayam dijemur dibawah mata hari langsung lakukan 2 kali seminggu,bantu dengan pemberian multi vitamin.

15. Untuk memperbaiki penampilan ayam,jika ada bulu sayap atau bulu ekor yang patah sebaiknya dicabut saja.kemudian ayam diberikan minyak ikan hiu dan vitamin B komplek untuk mempercepat pertumbuhan bulu.Selama masaini hindari pemberian pakan dengan campuran nasi.

16. Untuk mempermuda penampilan ayam.Biasanya ayamyang sudah tua sisik kakinya tebal dan jelek,untuk mempermuda penampilan ambilah tepung soda kue kasih sedikit air kemudian oleskan pada kaki ayam lakukan beberapakali dilain hari.Maka sisik yang tebal itu akan terkelupas dengan sendirinya. Semoga tips perawatan ayam aduan ini bermanfaat untuk anda. (jackfals.com)

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

26 responses to "TIPS MEMELIHARA AYAM BANGKOK ADUAN"

uje uye² [11:56 PM, 05-Dec-11]

ayam
diberikan minyak ikan
hiu
di toko jamu ada gak sob mrgreen

Jack [02:17 PM, 06-Dec-11]

@uje uye²,ada sob,tmn ane dh nyoba ko.

restu hadi p [09:02 AM, 07-Feb-12]

ayam kurang gairah gmana cara merawatnya?
truz vitamin2 pa yg hrus dberikan....?

Sugenk sang penghibur [07:11 PM, 06-Apr-12]

Gimana caranya ngatasin ayam yg nafas nya pendek? Supaya biar nafas ayam panjang dikasih apa pak bos

Menyo.. [08:43 AM, 09-Apr-12]

Bos gmn kalo bikin ayam tmbah galax tp yg cra trdisional aj..

Sugenk Reyady [11:20 PM, 19-Apr-12]

BoZ aku mau taNya giMana cara ngObatin ayam yg nafas nya pendek makasih

yasin [02:00 PM, 20-May-12]

bagaiman caranya ayam bisa nafsu makan yg banyak

yasin [02:00 PM, 20-May-12]

bagaiman caranya ayam bisa nafsu makan yg banyak

dwijo [02:34 PM, 31-May-12]

gmana pak boz,supaya bulu ayam cpt tmbuh lebat,,

brata [08:30 PM, 06-Jun-12]

Gimana ya cara percpat prtumbuhan jalu

denny [08:02 AM, 21-Jun-12]

saya mau tanya ni pak,biar ayam ga dugal/ngjndol abis di adu gimana caranya? trimakasih tolong dibalas

honk [12:06 PM, 23-Jul-12]

yasin@ kasih z daun sembung..

honk [12:06 PM, 23-Jul-12]

yasin@ kasih z daun sembung..

don abiyoso [09:14 PM, 10-Aug-12]

saya newbie nie om jack!!!!! mohon pencerahan,!!!!
saya punya ayam bangkok cuman 1, udah gitu ,kayanya nie ayam banyak kekurangan nya! yg mau saya tanyakan : 1,gimana cara kaki ayam saya supaya jadi kering!!!! trus kaki ayam kliatan lemes dan ga kokoh!!!!
2,badan ayam kurang besar,umur sekitar 12 bulanan,apakah ayam saya masih bisa melar badan nya!!!!!

thanks ya om jack!!!!

arif reggae [08:56 PM, 20-Aug-12]

mau ayam nya cpt gede nich kyk mn ea

kiki bce [11:13 AM, 30-Aug-12]

iya bang sudah terbukti pada ayam saya tips dari bang jack

opik [09:13 PM, 13-Sep-12]

pak mau tanya bgimn cara ngerawat ayam yg platuknya copot stlh di adu mksh pak

opik [09:33 PM, 13-Sep-12]

pak mau tanya bgimn cara ngerawat ayam yg platuknya copot stlh di adu mksh pak

akhmadsidiq [06:17 PM, 23-Sep-12]

Pa bos apa obatnya anak ayam yang ter kena pilek mohon bos

singkE` [11:09 AM, 27-Sep-12]

kalo minum obat mighagrib

jemblung [03:44 PM, 02-Oct-12]

bagaimana cranya agar nafsu makan ayam bertambah,,,?!?!?!

riko [12:00 AM, 16-Oct-12]

cara buat menambah pukulan ayam saat di adu bisa ga bos?? tlg bales,,

Wardy [08:46 AM, 21-Oct-12]

Pengen nanya gan ...
Gmn cara ngatasi ayam yg kena penyakit senot ??

Boni benai [02:43 PM, 02-Nov-12]

Bagai mana cara nya sob supaya nafas ayam bisa lebih panjangneutral

deny [11:41 PM, 05-Nov-12]

ada ayam petarung murah ap enggk nih djual

MohaSurya.finishing [08:17 PM, 14-Dec-12]

ikut nyimak pak Bos... Salam buat penggemar ayam jago di desa Tambirejo Gajah Demak.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images